Technology Heat Pump Water Heater

82 tahun perkembangan teknologi heat pump water heater ternyata sangat pesat sampai saat ini. Berbagai macam inovasi dan teknologi heat pump diaplikasikan pada produk sistem heat pump.

A. Teknologi Heat Pump Water Heater Pertama

Pada tahun 1748 William Cullen mendemonstrasikan pendinginan buatan yang dapat dicatat sebagai awal dari prinsip ilmiah heat pump water heater. (Sumber: www.renewableenergyhub.co.uk)

Lord Kelvin mengembangkan gagasan tersebut pada tahun 1852 dan umumnya dianggap bertanggung jawab atas konsep ilmiah.

Pada tahun 1855-1857 Peter von Rittinger mengembangkan dan membangun sistem heat pump water heater pertama. Beberapa tahun kemudian Robert C. Webber dikreditkan sebagai orang yang mengembangkan heat pump water heater sumber tanah pertama selama akhir 1940-an.

B. Heat pump Water Heater Pertama

Robert C. Webber, seorang penemu Amerika datang dengan ide untuk heat pump water heater ground source ketika dia sedang bereksperimen dengan freezernya yang dalam.

Dia tidak sengaja membakar tangannya saat menyentuh pipa saluran keluar dari sistem pendingin dan dia memutuskan untuk melihat apakah mekanismenya dapat dibalik.

 “Dia menghubungkan pipa saluran keluar dari freezer ke pemanas air panas dan, karena freezer menghasilkan panas berlebih yang konstan, dia menghubungkan air panas ke loop pipa”.

Kemudian Webber menggunakan kipas angin kecil untuk menggerakkan udara hangat di dalam gedung.

Setelah dia melihat bahwa penemuannya berhasil, dia membuat heat pump water heater ukuran penuh untuk menyediakan panas bagi seluruh rumahnya.

Rancangannya menggunakan pipa tembaga yang terkubur di tanah tempat dia mengalirkan gas Freon untuk mengumpulkan panas tanah.

Gas dipadatkan di ruang bawah tanahnya, mengeluarkan panasnya dan memaksa gas yang mengembang melalui kumparan tanah untuk mengambil beban lain.

C. Heat Pump Water Heater Kini

Saat ini heat pump water heater dianggap sebagai pemanas yang paling efisien dan hemat biaya di pasaran.

Sistem ini sangat ramah lingkungan, dan secara drastis dapat mengurangi jejak karbon dan tagihan energi Anda.

Heat pump menawarkan cara ideal untuk memanaskan properti Anda dan menghasilkan air panas sambil menghemat uang dan sumber daya bumi yang berharga.

D. Bagaimana Prinsip Kerja Heat Pump Water Heater

Sederhananya, heat pump water heater adalah perangkat yang mentransfer energi panas dari satu titik ke titik lainnya.

Contoh umum dari hal ini dapat ditemukan di lemari es kami di mana penguapan dan pendinginan cairan digunakan untuk menurunkan suhu kompartemen penyimpanan.

Saat ini, teknologi ini juga dapat digunakan untuk mengekstraksi energi panas potensial di udara luar, atau bahkan dari tanah, memasukkannya langsung ke rumah Anda di mana energi tersebut dikompresi, dan panasnya dipindahkan menggunakan rangkaian kumparan.

Kedengarannya seperti sulap tetapi ilmu di baliknya relatif sederhana.

Meskipun menggunakan sedikit listrik untuk bekerja, heat pump water heater dianggap sangat efisien dan bersih karena tidak bergantung pada pembakaran bahan bakar untuk menghasilkan panas.

Mereka bekerja dengan baik di iklim sedang seperti Inggris dan dapat memberikan pemanasan selama musim dingin, bahkan pada suhu -20 derajat Celcius.

Ada dua jenis heat pump water heater yang berbeda tergantung pada jenis media tempat mereka mengeluarkan panas, yaitu udara atau tanah / air, dan sekarang mulai dimasukkan ke dalam bangunan modern secara teratur.

E. Keunggulan Heat Pump Water Heater

Pengatur suhu pintar heat pump water heater

Tidak Tergantung Cuaca

Heat pump water heaters dapat bekerja di segala cuaca, tapi paling efisien pada cuaca panas dan lembab. Semakin tinggi suhu udara sekitar maka performa heat pump water heater akan semakin tinggi juga.

Mudah Pemasangan (Instalasi)

Pemasangan heat pump water heater sangat mudah dan tidak memerlukan tempat yang luas. Heat pump ditempatkan pada lokasi dengan sirkulasi udara yang baik.

Aman

Terpisahnya air dan listrik mencegah dan mengurangi resiko keamanan selama penggunaan, seperti sengatan arus listrik, kebakaran, ledakan dan keracunan.

Efisiensi Mode :  pengaturan paling hemat energi adalah mengekstraksi kehangatan dari udara sekitar, memusatkan panas dan memindahkannya ke air.

Hybrid Mode : menggunakan heat pump untuk efisiensi, tetapi akan juga menggunakan elemen listrik untuk produksi hybrid setelah penggunaan air panas yang tinggi.

Listrik Mode: unit beroperasi sebagai pemanas air listrik konvensional, memanfaatkan elemen hanya untuk kondisi ketika udara panas sekitar terbatas.

F. Penjualan Heat Pump Water Heater

PT Gramitra, perusahaan yang berkedudukan di Surabaya dan Denpasar-Bali adalah perusahaan yang berpengalaman di bidang penjualan heat pump water heater.

Kami sudah berpengalaman di bidang ini sejak tahun 1997 dan sudah bekerjasama untuk pemasangan sistem water untuk proyek-proyek besar di Indonesia.

Perusahaan kami mempunyai sister company yang ada di beberapa kota besar di Indonesia untuk menjamin layanan after sales services.

G. Layanan Kami

Beberapa layanan dari perusahaan kami adalah penjualan dan pemasangan  :

  1. Tangki air panas atau hot water tank merk Ecoheat berbahan mild steel dan stainless steel dengan kapasitas 500 sampai 10000 liter
  2. Heat pump Water heater type Domestik merk Ecoheat, dengan kapasitas tangki 200 sampai 300 liter
  3. Domestik heat pump water heater merk AO Smith (USA), dengan kapasitas tangki 80 sampai 455 liter
  4. Commersial heat pump water heater Air to Water 12 kW sampai 100 kW
  5. Pool and SPA heat pump 12 kW sampai 80 kW.

Related Posts

Leave a Reply