Berapa Kebutuhan Energy Water Heater di Rumah Anda?

1. Energy Listrik untuk Water Heater

Kebutuhan energy listrik adalah salahsatu kebutuhan utama bagi manusia termasuk energy listrik untuk water heater, baik utuk rumah maupun lainnya. U.S. Departement Of Energy (DOE) telah menetapkan bahwa water heater menyumbang 14 hingga 18 persen dari konsumsi energi di rumah rata-rata Amerika, yang mewakili $ 400- $ 600 per tahun dan menjadikannya sebagai pengeluaran energi terbesar kedua. Biaya pemanasan air sangat ditentukan oleh tiga faktor utama: jenis water heater, sumber energi dan kebiasaan konsumsi.

2. Suhu Air Panas

Air panas biasanya disuplai dari water heater ke peralatan konsumen pada suhu 50 – 60⁰C. Untuk kebutuhan air panas di kantin dan dapur umumnya 65⁰C yang diperlukan untuk memenuhi standar higienis. Air panas sebaiknya tidak disimpan pada suhu di bawah 60⁰C (140⁰F) untuk menghindari resiko kontaminasi Legionella.

Akan tetapi suhu yang lebih rendah diperlukan untuk beberapa alasan keamanan – seperti di taman kanak-kanak, pusat penyandang cacat, dll. – suhu air panas tidak boleh melebihi 40 – 50⁰C. Perhatian khusus dalam hal ini harus diberikan – seperti desinfeksi peralatan water heater dan sistem air panas secara teratur – untuk menghindari pertumbuhan bakteri legionalla.

Catatan: Air panas dapat disimpan pada suhu yang lebih tinggi dan diturunkan ke suhu suplai yang lebih rendah dengan mencampurkan air dingin dalam mixing valve. Menyimpan air panas pada suhu yang lebih tinggi akan meningkatkan kapasitas keseluruhan sistem dan mengurangi kebutuhan volume tangki air panas.

3. Perancangan Sistem Air Panas

Untuk merancang sebuah sistem pelayanan air panas dapat mengikuti prosedur sebagai berikut :

1. Tentukan permintaan air panas dari konsumen – kuantitas dan suhu

2. Pilih jenis dan kapasitas pemanas

4. Rancang skema pipa dan ukuran pipa.

ConsumerTemperature
(oC)
Showers43
Lavatory – hand washing40
Lavatory – shaving45
Tubs43
Laundry, commercialup to 82
Hot-Water Temperatures

Sumber : https://www.engineeringtoolbox.com

4. Kebutuhan Energy Air Panas Water Heater

Jika tagihan listrik tiap bulan di rumah Anda cukup besar karena adanya water heater disamping dan peralatan listrik lainnya, pada sebagian besar orang akan cukup memberatkan. Untuk menyikapi hal tersebut tentunya Anda harus bijak dalam menggunakan water heater dan peralatan lainnya. Untuk water heater, Anda bisa menghitung sendiri kebutuhan energy yang harus dibayarkan setiap bulannya.

a. Rumus menghitung kebutuhan energy water heater dengan tangki :

H = cp V (q2 – q1) / t                            (1)

Dimana,

H = heat (power) supply (kW)

V = accumulator volume stored (liter)

cp = specific heat water (4.19 kJ/kgoC)

q1 = temperature of the cold feed water (oC)

q2 = temperature of the hot water (oC)

t = available time for the accumulated volume to be heated (sec)

Contoh – Daya yang Dibutuhkan ke Tangki Air Pemanas Air

Tangki air panas 200 liter diisi air dingin bersuhu 5⁰C. Daya listrik yang dibutuhkan untuk memanaskan air hingga 50⁰C dalam 5,5 jam dapat dihitung sebagai:

H = (4,19 kJ / kg⁰C) (200 liter) ((50⁰C) – (5⁰C)) / ((5,5 jam) (3600 s / jam))

   = 1,9 kW.

b. Rumus menghitung kebutuhan energy water heater tanpa tangki :

V = Ha ta / (cp (q2 – q1))                                  (1b)

Dimana,

Ha = heat supply available (kW)

ta = heating time available (sec)

Dengan water heater instant – supply air panas dapat dihitung sebagai berikut :

H = cp v (q2 – q1)                                   (2)

Dimana,

v = required volume flow (liter/s)

Contoh – Daya yang Dibutuhkan untuk Memanaskan Air Secara Terus-menerus

Mandi menghabiskan 0,05 liter/dtk air panas. Tidak ada tangki penyimpanan air panas dan air dipanaskan terus menerus dari 5⁰C sampai 50⁰C. Daya yang dibutuhkan untuk memanaskan air dapat dihitung sebagai berikut :

H = (4,19 kJ / kg⁰C) (0,05 liter / s) ((50⁰C) – (5⁰C))

   = 9,4 kW.

5. Water Heater Hemat Energy

The working process of this water heater (heat pump) makes the heat pump 2 (two) to 4 (four) times more efficient or energy efficient than conventional electric water heaters.

Proses kerja water heater (heat pump) ini yang membuat heat pump 2 (dua) hingga 4 (empat) kali lebih efisien atau hemat energy daripada water heater listrik konvensional. Sumber : U.S. Departement Of Energy (DOE)

Dan menurut European Heating Industry dalam situs www.ehi.eu beberapa keuntungan menggunakan water heater heatpump adalah :

• Menggunakan panas terbarukan dari lingkungan

• Sangat hemat energi

• Dapat menyediakan ruang pemanasan, pendinginan, dan / atau air panas

• Cocok untuk konteks bangunan yang berbeda, terutama pada bangunan baru

• Mengurangi emisi CO2, mendekati nol jika didukung penuh oleh listrik yang dapat diperbarui (mis.   Tenaga angin atau fotovoltaik)

Heat pump water heater atau hybrid water heater bisa menjadi solusi bagi Anda untuk dapat menghemat biaya listrik setiap bulannya.

Pemanas air ini sudah banyak dikenal dan diaplikasikan untuk kebutuhan residential maupun commercial untuk menekan biaya operasional dari energy water heater. Selain itu heat pump water heater merupakan water heater yang ramah lingkungan.

6. Heat Pump Water dan Typenya

Heat Pump water heater mempunyai beberapa type yang disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Beberapa diantaranya adalah :

  • Heat Pump Water Heater Air to Water :
Domestic atau All In OneKapasitas 50 liter sampai 455 liter
Commercial12Kw sampai 100Kw
Commercial for Pool SPA12kW sampai 100Kw
Others
  • Heat Pump Water Heater Water to Water

7. Membeli Heat Pump Water Heater

Heat Pump water heater 80 litre

PT Gramitra, perusahaan yang berkedudukan di Surabaya adalah perusahaan di bidang penjualan heat pump water heater yang berkualitas, selain itu kami juga melayani penjualan tangki air panas dengan berbagai kapasitas dengan merk Ecoheat dan AO Smith. Kami juga mempunyai beberapa sister company yang ada di beberapa kota besar di Indonesia.

Perusahaan kami sudah berpengalaman di bidang pemanas air dan sistem water heater sejak tahun 1997, baik untuk segmen rumah tinggal maupun komersial (villa, rumah sakit dan hotel) di Indonesia.

  1. Tangki air panas atau hot water tank merk Ecoheat berbahan mild steel dan stainless steel dengan kapasitas 500 sampai 10000 liter
  2. Heat pump Water heater type Domestik merk Ecoheat, dengan kapasitas tangki 200 sampai 300 liter
  3. Domestik heat pump water heater merk AO Smith (USA), dengan kapasitas tangki 180 sampai 455 liter
  4. Commersial heat pump water heater Air to Water 12 kW sampai 100 kW
  5. Pool and SPA heat pump 12 kW sampai 80 kW

8. Kesimpulan

Untuk menentukan kebutuhan air panas untuk rumah tinggal pada khususnya diperlukan pertimbangan yang benar, karena berkaitan dengan faktor kenyamanan pengguna dan faktor biaya energi setiap bulannya.

Setiap produk water heater yang ada di pasaran pasti akan menawarkan atau mempromosikan kalau produk tersebut unggul dalam segalanya dibandingkan water heater lain, tentunya hal ini akan sedikit banyak agak membuat bingung calon pengguna water heater.

Kami, PT Gramitra yang berkedudukan di Surabaya dan Denpasar adalah mitra yang tepat bagi calon pengguna water heater baik residensial maupun komersial. Kami melayani konsultasi dan penjualan serta aplikator sistem water heater untuk produk heatpump water heater dan tangki air panas merk Ecoheat.

Kami sudah berpengalaman di bidang sistem water heater untuk segmen residensial maupun komersial di Indonesia sejak tahun 1997.

Related Posts

Leave a Reply