Berapa Suhu Aman Water Heater Saya?

Suhu air panas 120 derajat Fahrenheit

Saat ini water heater bisa dikatakan adalah sebuah kebutuhan manusia untuk berbagai kebutuhan sehari-hari, baik untuk rumah tinggal maupun lainnya. Orang mencari sebuah water heater yang sesuai kebutuhannya, dan fitur harga, kecanggihan, kemudahan pemasangan dan keamanan penggunaan adalah yang umum dicari. Terkait dengan hal ini, berbagai produk water heater juga mempromosikan produknya dengan fitur-fitur tersebut.

Fitur keamanan sebuah water heater terkait beberapa faktor, antara lain :

  1. Pengaman kejutan  atau sengatan listrik
  2. Pengaman ledakan tangki
  3. Pengaman resiko melepuh pada kulit manusia

Dalam tulisan ini sedikit mengulas tentang suhu air panas dari sebuah water heater terkait resiko terhadap pengguna. Pada dasarnya pengaturan suhu pemanas air ini tergantung pada kebutuhan dan golongan pengguna air panas tersebut.

Air panas untuk kebutuhan dapur atau laundry umumnya membutuhkan suhu yang lebih tinggi daripada suhu untuk pemakaian kamar mandi. Golongan pengguna air panas dari water heater juga harus mendapat perhatian, terutama golongan orang lanjut usia dan usia anak-anak. Kedua golongan ini mempunyai resiko cukup tinggi terhadap cidera tubuh yang diakibatkan terkena air panas pada suhu tertentu. Dan cidera tubuh yang yang diakibatkan terkena air panas dapat menimbulkan cidera yang serius terhadap manusia. Cidera pada kulit dan area mata ada yang sering terjadi dikarenakan suhu air panas terlalu tinggi,

Anak-anak dengan kulit yang lebih sensitif, dapat mengalami luka bakar air panas yang serius hanya dalam satu detik. Orang tua dan penyandang cacat juga lebih rentan terhadap luka bakar yang parah. Untuk balita, luka bakar yang parah membutuhkan operasi cangkok kulit selama bertahun-tahun, orang lanjut usia bahkan mungkin meninggal setelah panas mendidih.

Program Pelaporan dan Pencegahan Cedera Rumah Sakit Kanada (CHIRPP) menganalisis 830 kasus luka melepuh di antara anak-anak yang mengunjungi rumah sakit yang terdata pada tahun 1999. Meskipun CHIRPP tidak merinci tingkat keparahan cedera, data perawatan menunjukkan cedera melepuh menjadi hal serius. Jumlah yang jauh lebih tinggi dari rata-rata pasien yang membutuhkan tindak lanjut (66 persen, dibandingkan dengan 34 persen untuk semua cedera dalam data tahun1999). Penerimaan juga secara signifikan lebih tinggi (10 persen, dibandingkan dengan tujuh persen untuk semua cedera).

Minuman panas dan makanan panas menyumbang 73 persen dari semua luka bakar. Air panas  dari water heater bertanggung jawab atas tujuh persen, dan anak-anak balita menderita tiga perempat dari cedera tersebut.

Sebagai cara untuk mencegah luka bakar, pendukung pencegahan cedera telah melobi ⁰agar pengaturan tangki air panas domestik dikurangi menjadi 49⁰C dari standar 60⁰C. Beberapa peraturan di luar Kanada melakukan pengaturan 49⁰C, dan telah melihat adanya penurunan cedera melepuh.

Sumber : https://canadasafetycouncil.org/

Oleh karena itu, pengaturan suhu 120 derajat Fahrenheit adalah setelan suhu terbaik untuk water heater untuk pemakaian di kamar mandi. Departemen Energi A.S. merekomendasikan suhu 120 derajat tersebut untuk tujuan pemeliharaan dan penghematan. Landasan dari departemen tersebut menjelaskan bahwa sebagian besar water heater melakukan pengaturan suhu  di 140 derajat Fahrenheit, pada dasarnya hal tersebut tidak perlu. Pengaturan suhu water heater di 120 derajat tidak hanya akan memenuhi sebagian besar kebutuhan air panas, tetapi juga memperlambat penumpukan mineral dan korosi pada pemanas air dan pipa air panas. Sumber : https://lifehacker.com/

Argumen terbesar Departemen Energi A.S., terkait pengaturan suhu water heater 120 derajat daripada 140 derajat adalah penghematan biaya energi water heater.

Penghematan yang dihasilkan dari penurunan suhu water heater didasarkan juga pada konsumsi atau kebutuhan air. Pengaturan suhu water heater terlalu tinggi, atau pada 140ºF, dapat terjadi pemborosan mulai dari $ 36 hingga $ 61 per tahun dalam kehilangan panas dan lebih dari $ 400 kerugian kebutuhan air panas.

Suhu 140 derajat Fahrenheit adalah yang terbaik

Alasan utama dengan mengatur suhu water heater Anda pada suhu 140 derajat adalah jika Anda memiliki seseorang di rumah Anda dengan sistem kekebalan yang relatif rendah atau mempunyai penyakit pernapasan kronis, menurut Departemen Energi. Demikian pula, U.S. Occupational Safety and Health Administration (OSHA) merekomendasikan pengaturan 140 derajat untuk mencegah penyakit Legiuner. Selain itu, untuk kebutuhan air panas mesin pencuci piring , Anda mungkin perlu mengatur suhu air panas ke 140 derajat.

Pada tahun 2000, bencana Walkerton telah mengirimkan peringatan tentang keamanan air minum Kanada. Meskipun standar untuk air panas rumah tangga harus mempertimbangkan pencegahan resiko melepuh pada manusia, standar tersebut juga harus menangani masalah kesehatan dan keselamatan masyarakat yang luas. Untuk meminimalkan kontaminasi bakteri, air harus disimpan pada suhu 60 C atau lebih tinggi.
Misalnya, suhu di bawah 50 C dapat meningkatkan risiko penyakit Legionnaires, suatu bentuk pneumonia, akibat pertumbuhan bakteri di dalam tangki. Penyakit tersebut disebabkan oleh bakteri Legionella yang hidup di air. Suhu merupakan faktor penting bagi Legionella untuk tumbuh. Risiko kolonisasi di tangki air panas signifikan antara 40 dan 50 C.
Bakteri Legionella paling sering masuk ke paru-paru karena aspirasi. (Aspirasi berarti tersedak sehingga sekresi di dalam mulut melewati refleks tersedak dan masuk ke paru-paru.) Minum air yang terkontaminasi bukanlah penyebab utama penyakit Legiuner.
Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit memperkirakan 8.000 hingga 18.000 orang Amerika tertular penyakit setiap tahun. Lima hingga 30 persen kasus berakibat fatal. Sementara Kanada tidak memiliki statistik nasional, Hydro-Québec mengatakan sekitar 100 orang setiap tahun dirawat di rumah sakit di provinsi itu karena pneumonia yang disebabkan oleh pemanas air perumahan yang terkontaminasi. Sumber : canadasafetycouncil.org

Kesimpulan

Pengaturan suhu water heater pada 120 derajat atau 140 derajat Fahrenheit tergantung pada kebutuhan pengguna air panas tersebut.

Pengaturan suhu water heater pada suhu tersebut mempunyai kekurangan dan kelebihan masing-masing,

Pengguna air panas harus lebih bijak dalam melakukan pengaturan suhu water heater yang disesuaikan dengan faktor kebutuhan dan memperhatikan juga faktor golongan pengguna air panas tersebut dengan tujuan meminimalkan terjadikan hal-hal yang tidak diinginkan.

Pada beberapa kondisi, kebutuhan air panas untuk kamar mandi dan kebutuhan untuk dapur atau laundry menggunakan water heater yang berbeda. Hal ini terkait pengaturan suhu air panas yang berbeda untuk kedua kebutuhan tersebut,

Related Posts

Leave a Reply