Heat exchanger double wall

Heatpump water heater dalam beberapa tahun terakhirnya ini telah muncul jenis yang disebut heatpump double wall. Beberapa merk heatpump sudah mempromosikan dan memasarkan produk ini dengan segala keunggulan masing-masing. Istilah heatpump water heater double wall pada dasarnya yang membedakan adalah jenis dinding ganda atau double wall pada komponen heat exchangernya.

Dalam tulisan ini akan mengulas sedikit tentang komponen heatpump water heater yaitu heat exchanger atau penukar panas.

Tipe Heat Exchanger

Ada 3 (tiga) type heat exchanger yang saat ini umum digunakan, yaitu :

Coil-in-tank
heat exchanger adalah kumparan pipa di tangki air panas. Ini bisa berupa tabung tunggal (penukar panas dinding tunggal) atau ketebalan dua tabung (penukar panas dinding ganda). Alternatif yang kurang efisien adalah dengan menempatkan kumparan di bagian luar tangki air panas dengan penutup isolasi.

Shell-and-tube

heat exchanger terpisah dari (eksternal ke) tangki air panas. Ini memiliki dua loop cairan terpisah di dalam chasing atau cangkang. Fluida mengalir berlawanan arah satu sama lain melalui heat exchanger, memaksimalkan perpindahan panas. Dalam satu putaran, cairan yang akan dipanaskan (seperti air minum) bersirkulasi melalui ban dalam. Pada loop kedua, fluida transfer panas mengalir antara cangkang dan tabung air. Tabung dan cangkang harus terbuat dari bahan yang sama. Ketika kolektor atau cairan transfer panas beracun, tabung dinding ganda digunakan, dan cairan transfer perantara tidak beracun ditempatkan antara dinding luar dan dalam dari tabung.

Tube-in-tube
Dalam desain yang sangat efisien ini, tabung-tabung air dan fluida perpindahan panas berada dalam kontak thermal langsung satu sama lain. Air dan aliran fluida perpindahan panas berlawanan arah satu sama lain. Jenis penukar panas ini memiliki dua loop yang mirip dengan yang dijelaskan dalam penukar panas shell-and-tube.

Heat Exchanger Single atau Double Wall

Heat exchanger single wall adalah pipa atau tabung yang dikelilingi oleh fluida. Baik fluida yang melewati tubing maupun fluida yang mengelilingi tubing dapat menjadi fluida perpindahan panas, sedangkan fluida lainnya adalah air minum.

Heat exchanger double wall memiliki dua dinding di antara dua fluida. Dua dinding sering digunakan bila cairan perpindahan panas beracun, seperti etilen glikol (antibeku). Double wall sering kali diperlukan sebagai tindakan pengamanan jika terjadi kebocoran, membantu memastikan bahwa antibeku tidak bercampur dengan pasokan air dingin.  

Sementara Heat exchanger double wall meningkatkan keamanan, namun kurang efisien karena panas harus ditransfer melalui dua permukaan daripada satu. Untuk mentransfer jumlah panas yang sama, heat exchanger double wall harus lebih besar dari heat exchanger single wall.

Brazed plate heat exchangers (BPHE) atau Heat exchanger dengan plat brazing  adalah salah satu cara paling efisien untuk mentransfer panas. Ini memang dirancang untuk memberikan kinerja lebih unggul dengan biaya operasional rendah. Dengan teknologi brazing untuk proyek pemanasan Anda akan membawa banyak manfaat, termasuk penghematan ruang, energi, dan pemeliharaan. BPHE dengan cepat memenangkan posisi, berkat banyak keunggulannya dibandingkan teknologi lama (yaitu pelat & rangka, cangkang & tabung), dan secara konsisten memberikan hasil yang lebih optimal dalam berbagai jenis aplikasi.

Teknologi BPHE mencakup model double wall yang cocok untuk berbagai aplikasi salahsatunya sistem air panas heatpump water heater. Selain itu juga cocok untuk banyak aplikasi industri, termasuk makanan, farmasi, pendingin, pendingin oli transformator, dan pendingin oli pelumas. BPHE double wall dan berkualitas tinggi menggabungkan efisiensi tinggi dengan keunggulan teknologi double wall. Teknologi BPHE heatpump water heater double wall memastikan bahwa cairan tidak bercampur dan membuat kebocoran internal lebih mudah terlihat – faktor penting dalam aplikasi yang mengutamakan keselamatan.

Dalam kasus Amerika Utara lainnya, BPHE double wall memberikan solusi yang dioptimalkan untuk produsen water heater terkemuka. Ini digunakan dalam aplikasi water heater instan dan air panas rumah tangga untuk water heater degan tangki. Ketika dikombinasikan dengan BPHE, boiler tidak perlu memanaskan air hingga suhu setinggi itu untuk mencapai suhu yang sesuai bagi pengguna akhir. Oleh karena itu, BPHE telah mampu menggantikan teknologi shell & tube yang lebih tua dalam jenis aplikasi ini. BPHE double wall dapat memanaskan air ke suhu yang diinginkan dengan sangat cepat dan efektif sehingga tidak hanya lebih hemat energi, tetapi juga memberikan beban yang lebih kecil pada boiler.

Yang terpenting, bagaimanapun, adalah manfaat besar dari BPHE double wall dalam mencegah kontaminasi air dalam aplikasi air dingin. Di Belanda, atas dasar keamanan, teknologi ini telah digunakan di sebagian besar instalasi water heater selama beberapa dekade terakhir.  Filosofi double wall dapat menjamin kualitas air panas untuk pengguna di  Eropa, tetapi Belanda masih menjadi satu-satunya pasar yang telah mengadopsi teknologi yang sangat berguna ini secara signifikan. Namun, kesadaran akan teknologi meningkat di negara lain. Pemerintah Jerman, misalnya, merekomendasikan teknologi double wall dalam aplikasi air panas tanpa menjadikannya sebagai persyaratan hukum.

Memilih Heatpump Water Heater Double Wall

Jika Anda akan meng-aplikasikan teknologi heatpump water heater double wall dapat menghubungki kami, PT Gramitra yang berkedudukan di Denpasar dan Surabaya. Kami melayani penjualan dan pemasangan produk heatpump water heater dan tangki air panas yang berkualitas. Kami sudah berpengalaman di bidang sistem water heater sejak tahun 1997. Produk Ecoheat heatpump water heater kami, menyediakan produk heatpump water heater jenis konvensional (single wall) maupun double wall.

Kesimpulan

Brazed plate heat exchangers (BPHE) double wall dirancang untuk memberikan efisiensi thermal yang tinggi sekaligus menyediakan fitur deteksi kebocoran – ini terbukti menjadi solusi yang sangat baik untuk aplikasi air panas.

Heatpump water heater jenis double wall heat exchanger ditinjau dari segi ekonomis, biaya investasinya lebih mahal dibandingkan dengan jenis heatpump single wall.

Related Posts

Leave a Reply