1. Tangki Air Panas

Tangki air panas adalah salahsatu komponen penting dalam sebuah sistem pemanas air khususnya segmen komersial. Karena segmen komersial ini membutuhkan ketersediaan air panas dalam volume besar dan berkesinambungan. Tangki air panas stainless steel maupun mild steel pada dasarnya tetap memerlukan perencanaan yang optimal. Sebagai contoh, pihak pemilik sebuah tempat komersial  tentunya tidak ingin ada kendala yang berulang terkait dengan ketersediaan air panas untuk konsumennya. Nama baik tempat tersebut tentunya akan menjadi pertaruhan jika kendala air panas tersebut terus terjadi pada saat digunakan oleh konsumen, yang mengakibatkan dampak ekonomis kurang baik pada tempat tersebut.

Tangki air panas dalam sebuah perencanaan sebuah sistem water heater harus dikonsultasikan terlebih dulu dengan pihak yang berkompeten. Misalnya, konsultan MEP, penjual, distributor atau aplikator tangki air panas yang sudah berpengalaman. Karena, selain dalam tahap perencanaan sistem water heater pada tahap pelayanan setelah penjualan pun juga menjadi hal yang harus dipertimbangkan. Apalagi jika sebuah produk tangki air panas sudah di luar masa garansi.  

2. Penjualan Tangki Air Panas

PT Gramitra yang berkedudukan di Denpasar dan Surabaya melayani penjualan tangki air panas stainless steel maupun mild steel sekaligus sebagai aplikator tangki air panas merk Ecoheat dan heatpump water heater. Kami sudah berpengalaman di bidang sistem water heater sejak tahun 1997 karena didukung oleh tenaga yang berpengalaman di bidang sistem water heater. Kami sudah mempunyai banyak referensi tangki air panas dan heatpump water heater untuk proyek-proyek komersial terkemuka di Indonesia.

Kualitas produk tangki air panas, heatpump water heater, spare parts maupun layanan after sales service adalah unggulan kami dalam melayani permintaan konsumen selama puluhan tahun.

3. Sistem Water Heater

Sistem water heater segmen komersial ada beberapa komponen utama yang saling terkait, diantaranya adalah :

  • Water heater atau mesin pemanas air utama atau back up
  • Tangki air panas atau hot water tank
  • Sistem pemipaan di water heater atau sistem pipa induk water heater
  • Sistem pemipaan jaringan distribusi air panas atau instalasi di gedung
  • Pompa-pompa

4. Tahap Perencanaan Tangki Air Panas

Ada beberapa hal yang dapat diperhatikan oleh konsumen dalam menentukan kebutuhan tangki air panas untuk sistem water heater, antara lain :

a. Volume kebutuhan air panas

Kebutuhan air panas ini dapat dihitung dengan asumsi jumlah pengguna air panas dikalikan volume pemakaian air panas (menggunakan aturan yang berlaku) untuk outlet air panas tertentu dan pada saat yang bersamaan atau saat Beban Puncak/Peak Demand Load (PDL). Dengan menggunakan aturan yang berlaku tersebut dengan pertimbangan bisa meminimalkan terjadinya kekurangan air panas pada saat Beban Puncak air panas. Pada umumnya pihak perencana yang berlisensi atau berpengalaman akan menggunakan aturan tersebut sebagai acuan dalam sebuah perencanaan sistem air panas.

b. Jenis water heater

Ada beberapa jenis water heater yang umum dipakai untuk aplikasi segmen komersial, seperti boiler minyak solar, gas LNG/LPG, listrik dan tenaga surya. Akan tetapi, saat ini tidak dapat dipungkiri jenis heatpump water heater adalah yang paling populer digunakan untuk segmen komersial ini. Dalam 10 tahun terakhir, hampir semua produsen water heater sudah mengeluarkan jenis heatpump water dengan merk tersendiri.

c. Sistem Pemipaan air panas

Sistem pemipaan air panas untuk segmen komersial ini juga mempunyai pengaruh pada kebutuhan tangki air panas yang akan digunakan. Sistem air panas dengan sirkulasi tentunya berbeda dengan sistem air panas non sirkulasi dalam hal kebutuhan tangki air panasnya. Sistem pemipaan yang salah bisa mengakibatkan water heater akan bekerja terus menerus dikarenakan terjadi penurunan suhu air panas di pipa yang cukup signifikan dan mengakibatkan tingginya biaya operasional.

Sistem pemipaan yang salah juga bisa mengakibatkan kurang meratanya ketersediaan air panas di setiap titik kamar mandi, dan lain-lain.  

d. Investasi tangki air panas

Tangki air panas dengan material stainless steel tentunya lebih mahal dibandingkan tangki air panas dengan material mild steel (baja ringan). Tentunya kedua jenis material tangki air panas mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing. Misalnya, untuk pemasangan tangki air panas di daerah pantai atau air mengandung garam tinggi maka sangat riskan jika menggunakan bahan tangki dari mild steel.

Tangki air panas tipe bertekanan (pressured tank) tentunya lebih mahal dari tipe tangki air panas tidak bertekanan (unpressured tank). Kedua tipe tangki ini mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing, terutama dalam hal harga.

Tangki air panas yang dilengkapi dengan auxiliary heater sebagai back up tentunya lebih mahal dari pada tangki air panas yang tidak dilengkapi auxiliary heater. Ada beberapa kegunaan dari pemasangan auxiliary heater di tangki air panas, antara lain :

  • Dapat dijalankan jika pada kondisi water heater utama tidak dapat dipergunakan karena ada kendala atau dalam perawatan
  • Dapat dijalankan pada saat kondisi kebutuhan volume air panas lebih tinggi daripada biasanya
  • Dapat dijalankan untuk masa perawatan berkala tangki terkait dengan Bakteri Legionella dalam air panas. Dengan men-setting suhu tertentu di tangki air panas dimana akan menyebabkan bakteri tersebut mati.   

e. Pemasangan tangki air panas

Dalam perencanaan sistem air panas dengan tangki air panas faktor mobilisasi tangki air panas ke area penempatan juga harus dipertimbangkan di awal, terutama untuk gedung bertingkat tinggi. Dikarenakan faktor dimensi dan bobot dari tangki air panas yang akan menyulitkan pihak aplikator maupun konsumen jika kurang direncanakan sejak awal. Sehingga tidak menimbulkan biaya tak terduga yang cukup tinggi terkait mobilisasi tangki air panas ke lokasi pemasangan dengan menyewa sebuah crane atau truck crane.

Jika telah direncakan dengan baik dari awal proses mobilisasi tangki air panas bisa dilakukan khususnya untuk gedung bertingkat tinggi dengan memanfaatkan crane tower yang masih beroperasi di proyek tersebut.

Pengerjaan tangki air panas di lokasi juga dapat menjadi solusi terkait dengan pemasangan tangki air panas.

f. Penjual dan aplikator tangki air panas

Sebagai penjual, kualitas produk tangki air panas merupakan faktor yang penting dalam sebuah sistem air panas. Karena, ada jenis water heater tertentu yang akan tidak dapat beroperasi jika tangki air panas tersebut tidak dapat digunakan. Dan tentunya hal ini akan menimbulkan banyak kerugian di pihak konsumen.

Selain itu, kami selaku penjual dan aplikator tangki air panas mengerti faktor-faktor pendukung dalam membuat sebuah sistem air panas beroperasi dengan benar. Kesalahan dalam proses instalasi sistem air panas tentunya akan menimbulkan kegagalan dari sistem itu, dan pihak konsumen tentunya akan menjadi pihak yang paling dirugikan dalam hal ini.

Oleh sebab itu, kami akan memberikan penawaran sistem water heater yang lengkap kepada konsumen, dengan tujuan meminimalkan terjadinya klaim jika sistem water heater tersebut dikerjakan lebih dari 1 pihak.

Akan lebih aman jika tangki air panas tersebut proses pemasangannya dilakukan oleh pihak yang sama atau pihak yang telah ditunjuk oleh pihak produsen.    

Related Posts

Leave a Reply