PRO KONTRA WATER INSTAN UNTUK RUMAH

Departemen Energi AS telah menetapkan bahwa water heater menyumbang 14 hingga 18 persen dari konsumsi energi di rumah rata-rata Amerika, yang mewakili $ 400- $ 600 per tahun dan menjadikannya sebagai pengeluaran energi terbesar kedua. Biaya pemanasan air sangat ditentukan oleh tiga faktor utama: jenis water heater, sumber energi dan kebiasaan konsumsi.

Karena air panas merupakan kebutuhan dasar dalam bangunan, terutama di negara bagian utara seperti New York, pemilik bangunan harus memastikan mereka memilih jenis water heater yang lebih sesuai dengan kebutuhan mereka. Dalam kebanyakan kasus, dua opsi utama adalah:

• water heater konvensional dengan tangki air panas atau penyimpan air panas.

AO Smith Heatpump Water Heater kaps. 455 liter

• water heater instan atau tanpa tangki air panas

Rata-rata, rumah dengan water heater tanpa tangki menghabiskan $ 100 lebih sedikit untuk air panas setiap tahun, tetapi ini tidak berarti water heater dengan tangki harus diabaikan. Setiap pilihan memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Klasifikasi Water Heater Instant menurut Sumber Energi

Ada water heater tanpa tangki air panas bertenaga listrik dan berbahan bakar gas, dan meskipun pada prinsipnya sama, ada beberapa perbedaan utama antara kedua jenis tersebut :

Water Heater Tanpa Tangki Berbahan Bakar Gas

Water heater ini biasanya menawarkan biaya pengoperasian yang lebih rendah karena dijalankan dengan gas, dan dapat menghasilkan air panas yang lebih tinggi daripada pemanas listrik, umumnya hingga 5 GPM pada model yang lebih besar. Namun, pemanas instant berbahan bakar gas sering kali memerlukan biaya investasi untuk layanan gas, sehingga meningkatkan biaya investasi; dan mereka juga membutuhkan saluran untuk membuang gas buang.

Secara umum, water heater tanpa tangki berbahan bakar gas hemat biaya jika instalasi gas yang ada sesuai untuk unit dan sudah ada saluran buang.

Water Heater Tanpa Tangki Berbahan Bakar Listrik

Berfungsi dengan tenaga listrik, water heater ini cenderung memiliki biaya pengoperasian yang lebih tinggi daripada pemanas berbahan bakar gas, tetapi biaya investasi lebih rendah – instalasi listrik lebih mudah untuk dilakukan daripada saluran gas, dan pemanas ini tidak memerlukan saluran  buang.

Water heater tanpa tangki listrik memiliki kelemahan dalam produksi air panas jika dibandingkan dengan pemanas berbahan bakar gas: bahkan model terbesar biasanya terbatas pada nilai di bawah 2 GPM. Namun, ini dapat dikompensasikan dengan hanya memasang lebih banyak unit secara paralel. Saat meningkatkan sistem air panas yang ada, water heater tanpa tangki listrik cenderung menjadi pilihan karena keunggulan biaya investasi.

Manakah Opsi Terbaik?

Dari jenis-jenis water heater di atas tidak dapat mutlak dianggap lebih baik dari yang lain karena beberapa proyek lebih cocok menggunakan gas dan yang lainnya lebih cocok menggunakan listrik.

  • Water heater gas lebih cocok untuk instalasi baru, atau dalam proyek yang sudah ada dengan kebutuhan air panas yang tinggi dan instalasi gas serta cerobong asap yang memadai.
  • Pemanas listrik biasanya merupakan pilihan utama saat melakukan instalasi yang sudah ada tanpa penyediaan pemanas gas, saat permintaan air panas relatif rendah, atau jika klien lebih memilih pemanas tempat penggunaan di beberapa lokasi.

Jika kondisi pemasangan sudah sesuai untuk kedua opsi, keputusan dapat diambil berdasarkan kondisi keuangan: jenis pemanas mana yang memberikan penghematan bersih tertinggi.

Keuntungan Water Heater Instant atau Tanpa Tangki

Terlepas dari sumber energinya, water heater tanpa tangki menawarkan beberapa fitur kinerja yang menjadikannya pilihan yang disukai di banyak rumah tangga di AS.

Water Heater Instant Tidak Perlu Tangki

Tangki air panas adalah peralatan terbesar dalam instalasi pemanas air konvensional, dan ini bisa menjadi masalah jika dengan ruang terbatas. Dengan demikian, water heater tanpa tangki lebih sering digunakan di apartemen satu orang, rumah kecil, dan tempat tinggal lain dengan ukuran yang sama.

Keunggulan ukuran yang relatif lebih kecil memungkin dapat dengan mudah dipasang di dinding di samping wastafel, shower, atau kran.

Water Heater Instant Menghemat Energi di Sebagian Besar Aplikasi

Water heater dengan tangki secara konstan mengonsumsi energi untuk menjaga air di dalam tangki pada suhu yang diinginkan. Penggunaan energi ini tidak ada di water heater tanpa tangki, dan meskipun penghematannya bervariasi menurut kondisi pemasangan, dalam kasus ekstrim dapat melebihi 30 persen.

Namun, ada pula kasus di mana water heater tanpa tangki listrik bisa lebih mahal untuk dioperasikan daripada water heater dengan tangki air panas; itu bisa terjadi jika tarif listrik per jam diterapkan dan jika water heater digunakan secara ekstensif tepat saat tarif listrik di beban puncak.

Fleksibilitas Desain dalam Instalasi Baru

Keuntungan signifikan lainnya dari water heater instant adalah, karena tidak ada tangki air panas yang digunakan, terdapat fleksibilitas sehubungan dengan cara pemasangan dikonfigurasi:

• Satu water heater dapat digunakan untuk seluruh rumah tangga.

• Water heater beberapa titik penggunaan dapat digunakan di lokasi strategis.

• Kombinasi dari kedua cara tersebut.

Menggunakan satu water heater adalah pilihan yang direkomendasikan jika terdapat beban water heater yang konsisten dan dapat diprediksi yang akan menuntut kapasitas unit.

Usia Pemakaian Water Heater Tanpa Tangki

Keuntungan signifikan lainnya dari water heater tanpa tangki adalah masa pakai yang lama: biasanya bertahan selama 20 tahun atau lebih, sedangkan heatpump water heater dan water heater dengan tangki air panas konvensional biasanya bertahan selama 10 hingga 15 tahun. Hanya pemanas tenaga surya yang menawarkan masa pakai yang sebanding dengan pemanas tanpa tangki. Sumber : www.ny-engineers.com

Kombinasi dengan Pemanas Air Tenaga Surya

Water heater tanpa tangki dapat memberikan hasil yang sangat baik bila dikombinasikan dengan pemanas air tenaga surya:

  • Kolektor surya memiliki tangki penyimpanan, yang mengkompensasi salah satu kekurangan utama water heater instant.
  • Water heater tanpa tangki memungkinkan kolektor surya menghasilkan output yang konsisten: pada hari-hari di mana sinar matahari tidak dapat memberikan pemanasan yang konsisten karena kondisi cuaca, water heater tanpa tangki dapat menjadi solusi.

Pada dasarnya, water heater tanpa tangki menyediakan air panas sesuai permintaan, sedangkan kolektor surya menyediakan energi dan penyimpanan gratis. Ketika kedua jenis pemanas digabungkan, hasilnya adalah pasokan air panas yang baik.

Kekurangan Water Heater Instant

Sistem air panas instan menawarkan kinerja yang solid, tetapi juga terdapat kekurangan. Terkait hal tersebut ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan sebelum menentukan pilihan.

Water Heater Tanpa Tangki Tidak Dapat Menyimpan Air Panas

Karena tidak memiliki tangki, water heater tidak dapat menyimpan air panas untuk digunakan kemudian.

Jika pihak penyedia gas atau listrik harus menghentikan layanannya karena pemeliharaan rutin atau keadaan darurat, pelanggan yang terkena dampak akan kekurangan akses ke air panas sampai kondisi normal kembali. Namun water heater dengan tangki, dimungkinkan untuk menyimpan tangki berisi air panas sebagai cadangan.

Water heater listrik dengan tangki dapat memanfaatkan tarif listrik per jam, memaksimalkan konsumsi saat energi murah atau diluar beban puncak dan hanya menggunakan air panas yang disimpan saat tarif tinggi. Hal ini tidak bisa dilakukan dengan water heater tanpa tangki; jika air panas dibutuhkan pada saat puncak permintaan, tidak ada pilihan selain mengkonsumsi listrik di jam-jam mahal.

Pemanas Tanpa Tangki Dapat Memberikan Suhu Tidak Konsisten

Water heater dengan tangki air panas pada suhu yang konsisten. Di sisi lain, water heater tanpa tangki harus menaikkan suhu air dahulu ke angka tertentu, dan mereka mungkin mengalami masalah dalam menanggapi perubahan permintaan yang mendadak :

  • Di rumah dengan water heater tanpa tangki sentral, konsumsi air panas yang turun secara tiba-tiba dapat menyebabkan lonjakan suhu yang drastis. Pemanas air kemudian akan menyesuaikan pengoperasian untuk memenuhi permintaan baru, tetapi air yang terlalu panas selama masa transisi tersebut dapat menyebabkan ketidaknyamanan atau bahkan luka bakar ringan.
  • Hal yang sebaliknya juga berlaku: peningkatan konsumsi air panas secara tiba-tiba dapat menyebabkan penurunan suhu, sedangkan pemanas air meningkatkan outputnya untuk memenuhi debit yang lebih tinggi.

Suhu yang berfluktuasi biasanya menjadi masalah ketika water heater instant terpusat dikenakan beban yang ber-variabel. Jika berbagai water heater tanpa tangki digunakan secara terpisah, suhu air panas cenderung lebih konsisten karena instalasi pipa air pans tidak saling berhubungan.

Bagaimana Membandingkan Sebuah Water Heater ?

Semua jenis water heater memiliki Energy Factor (EF), yang mengukur seberapa efektif unit menggunakan energi. Namun, pemanas dengan EF tertinggi belum tentu menjadi yang termurah untuk dioperasikan – perlu juga mempertimbangkan biaya energinya.

  • Jika kedua water heater menggunakan sumber energi yang sama, pemanas dengan EF tertinggi akan memiliki biaya pengoperasian terendah.
  • Jika sumber energi berbeda, biaya pengoperasian harus diperkirakan berdasarkan EF dan harga satuan energi.

Kesimpulan

Sistem water heater instan menawarkan keuntungan dari ukuran yang praktis dan efisiensi energi yang lebih tinggi daripada water heater dengan tangki air panas konvensional, sekaligus memiliki masa pakai yang lebih lama. Namun, water heater ini memiliki kemampuan dalam hal menyimpan air panas untuk digunakan nanti, dan suhu dapat berfluktuasi ketika permintaan air panas berubah secara drastis.

Untuk menentukan water heater terbaik untuk aplikasi Anda, kami menyarankan Anda untuk menghubungi perusahaan atau aplikator sistem water heater yang berkualifikasi. Mereka dapat membantu Anda memilih opsi yang lebih sesuai dengan kondisi dan kebutuhan di tempat Anda, sekaligus mengoptimalkan biaya investasi dan operasionalnya.

Related Posts

Leave a Reply