WATER HEATER DENGAN TANGKI AIR PANAS (HOT WATER TANK) BERTEKANAN (PRESSURED TANK)

Water heater dengan tangki air panas adalah jenis water heater yang sudah satu kesatuan (compact) dengan tangki air panas. Jenis water heater ini tetap menjadi jenis sistem pemanas air yang paling populer untuk aplikasi rumah tinggal dan komersial. Di sini Anda akan menemukan informasi dasar tentang cara kerja water heater dengan tangki air panas khususnya type tangki bertekanan; kriteria apa yang digunakan saat memilih model yang tepat; dan beberapa tips pemasangan, pemeliharaan, dan keselamatan.

BAGAIMANA SISTEM KERJA TANGKI AIR PANAS BERTEKANAN

Water heater dengan tangki air panas dalam satu kesatuan (compact) menawarkan kapasitas tangki siap pakai – mulai dari 20 hingga 80 galon – air panas. Ini beroperasi dengan melepaskan air panas dari bagian atas tangki air panas saat Anda buka keran air panas. Untuk mengganti air panas tersebut, air dingin masuk ke dasar tangki, memastikan tangki selalu penuh. Tangki air panas bertekanan untuk prinsip kerjanya sama dengan prinsip bejana bertekanan.

Sumber bahan bakar water heater dengan tangki air panas meliputi gas alam, propana, bahan bakar minyak, dan listrik. Pelajari lebih lanjut tentang jenis bahan bakar yang tersedia atau mudah didapatkan saat memilih water heater baru.

Karena air terus-menerus dipanaskan di dalam tangki air panas, energi panas dapat terbuang meskipun keran air panas tidak mengalir. Ini disebut kehilangan panas (heat loss). Nilai besar kecilnya kehilangan panas di tangki air panas bisa juga disebabkan oleh kualitas meterial tangki dan kualitas bahan insulasinya. Ada jenis water heater yang nilai heat loss nya relatif lebih kecil, yaitu water heater tanpa tangki air panas. Atau umumnya disebut water heater sistem instant. Kelebihan dan kekurangan kedua jenis water heater ini tidak diulas dalam artikel ini.

Solar water heater (tenaga surya) dan heatpump water heater juga bisa menjadi opsi Anda yang mungkin bisa pertimbangkan, karena kedua jenis water heater ini juga memiliki nilai heat loss yang relatif kecil. Akan tetapi jenis water heater ini biasanya lebih mahal tetapi biasanya memiliki biaya pengoperasian tahunan yang lebih rendah.

MEMILIH PEMANAS AIR DENGAN TANGKI

Water heater dengan tangki air panas dengan harga murah mungkin menjadi yang paling mahal untuk dioperasikan dan dirawat selama masa pakainya.

Sebelum membeli pemanas air penyimpanan baru, pertimbangkan hal berikut:

• Kebutuhan air panas pada saat jam mandi bersamaan

• Jenis dan ketersediaan bahan bakar

• Efisiensi dan biaya energi.

PEMASANGAN DAN PEMELIHARAAN WATER HEATER

Pemasangan dan pemeliharaan water heater yang benar dapat mengoptimalkan efisiensi energinya.

Pemasangan yang benar bergantung pada beberapa faktor. Faktor-faktor ini termasuk jenis bahan bakar, iklim, persyaratan peraturan bangunan setempat, dan masalah keselamatan, terutama yang berkaitan dengan pembakaran water heater berbahan bakar gas dan minyak. Oleh karena itu, yang terbaik adalah meminta distributor water heater, kontraktor pipa dan aplikator sistem water heater yang memenuhi syarat untuk memasang water heater dengan tangki air panas Anda. Pastikan untuk melakukan hal berikut saat memilih kontraktor:

• Minta perkiraan biaya secara tertulis

• Mintalah referensi pekerjaan

• Reputasi perusahaan atau distributor water heater

• Legalitas perusahaan water heater tersebut, dll.

Jika Anda berkeinginan untuk memasang water heater sendiri, berkonsultasilah terlebih dahulu dengan produsen atau distributornya. Produsen atau distributor water heater biasanya memiliki manual instalasi dan instruksi yang diperlukan. Karena pihak produsen atau distributor water heater tidak akan menggaransi produknya jika ada kesalahan pemasangan oleh pihak yang bukan dari produsen atau distributornya.

Pemeliharaan berkala dapat memperpanjang umur water heater Anda secara signifikan dan meminimalkan hilangnya efisiensi.

Pemeliharaan rutin untuk pemanas air dengan tangki air panas, tergantung pada jenis / model yang Anda miliki, beberapa diantaranya :

• Membilas satu liter air dari tangki penyimpanan setiap tiga bulan

• Memeriksa suhu dan katup tekanan setiap enam bulan

• Memeriksa batang anoda setiap tiga sampai empat tahun.

Faktor lokasi dan iklim di lokasi pemasangan juga dapat mempengaruhi jadwal pemeliharaan water heater tersebut. Misalnya, perawatan water heater di daerah pegunungan tentunya tidak sama dengan perawatan water heater di daerah pantai.

MENINGKATKAN EFISIENSI ENERGI

Setelah water heater Anda dipasang dan dirawat dengan benar, cobalah beberapa strategi hemat energi tambahan untuk membantu menurunkan operasional Anda. Saat ini perangkat atau sistem hemat energi sudah dipasang di beberapa produk water heater, misal water heater low pressure, low watt dan yang paling baru adalah AES. Untuk sistem AES ini saat ini banyak di pasang di water heater listrik dan heatpump water heater. Sistem ini dapat menyesuaikan secara otomatis penggunakan energi berdasarkan kebiasaan dari pengguna water heater tersebut. Produk AO Smith sudah dilengkapi dengan sistem AES ini.

Tangki air panas (disebut juga hot water tank) adalah tangki air yang digunakan untuk menyimpan air panas dengan suhu tertentu untuk untuk segala keperluan.

Secara teori, air merupakan media penyimpanan panas yang nyaman karena memiliki kapasitas panas jenis yang tinggi. Artinya, dibandingkan zat lain, air dapat menyimpan lebih banyak panas per satuan berat.

TANGKI AIR PANAS LANGSUNG DAN TIDAK LANGSUNG

Tangki air panas langsung adalah kombinasi dari tangki dan pemanas, artinya water heater menjadi satu kesatuan (compact) dengan tangki air panasnya. Dalam sistem heatpump water heater disebut type Domestic atau type All In One.

Tangki air panas yang dipanaskan secara tidak langsung, menggabungkan satu atau lebih tangki, yang dihubungkan dengan pemanas air eksternal, seperti heatpump , boiler gas, minyak atau biomassa, panel surya, pemanas distrik, atau kombinasi keduanya.

Teknologi penyimpanan khusus adalah tangki penyimpanan bertingkat, yang sering digunakan dalam pemanas air tenaga surya. Teknologi ini dirancang khusus untuk membagi air yang dikandungnya menjadi beberapa lapisan pada suhu yang berbeda (karenanya ‘bertingkat’). Bagian atas tangki akan berisi air hangat, yang dapat digunakan sebagai air panas rumah tangga; bagian bawah dan bagian yang lebih dingin dari tangki menerima panas yang berasal dari kolektor tenaga surya. Antara bagian dingin dan panas dari tangki terdapat penukar panas kedua yang dapat – jika perlu – memanaskan lapisan air yang lebih rendah.

BEBERAPA KEUNTUNGAN MENGGUNAKAN TANGKI AIR PANAS

Tangki air panas yang efisien memungkinkan konsumen memanaskan air dengan listrik, mengkonsumsi listrik saat harga lebih rendah. Energi kemudian disimpan di dalam tangki dalam bentuk air panas, siap digunakan untuk segala keperluan saat dibutuhkan.

  • Kenyamanan luar biasa dengan menyediakan air panas untuk penggunaan bersamaan, misalnya saat beberapa kran mengalir pada waktu yang bersamaan;
    • Fleksibilitas penggunaan: tangki penyimpanan air panas menyediakan air panas dengan lebih cepat;
    • Air dalam silinder akan dilepaskan tepat pada suhu yang diinginkan;
    • Tangki air panas yang terisolasi dengan baik adalah cara yang bagus untuk menyimpan energi
    • Tangki air panas dapat membantu mengurangi konsumsi energi. Ini karena diperlukan lebih sedikit energi untuk menjaga air tetap hangat, setelah dipanaskan, daripada yang dibutuhkan untuk memanaskan air dingin dari suhu awal.

Related Posts

Leave a Reply