Mengenal Coefficient Of Performance Heatpump

A.COP Of A Heatpump

Coefficient of performance - Energy Education
Coefficient Of Performance Heatpump

Definisi: COP adalah rasio berapa banyak panas (atau dingin) yang berguna yang akan dihasilkan oleh heatpump water heater jika kita memberikan input energi tertentu.

Contoh: Kami memiliki heatpump water heater 1000W dengan COP 3,5. Itu berarti kita menyalakannya dengan 1000W, dan heat pump water heater memberi kita kembali panas senilai 3500W.

Itu adalah heatpump water heater yang sangat hemat energi. Ini akan mendidihkan hampir 10 galon air per jam.

Sebagai perbandingan: Heatpump water heater 1000W dengan COP 2 akan mendidihkan kurang dari 6 galon air per jam.

B.Menghitung COP Heatpump

Inilah cara Anda menghitung COP maksimum secara teoritis dari heat pump water heater:

COPheat pump = Thot/(Thot-Tcold)

Itu adalah suhu panas yang nyaman yang ingin kita miliki selama musim dingin (katakanlah 95F; itu 308 dalam Kelvin).

Tcold adalah suhu dingin di mana heatpump water heater mulai beroperasi (57F atau 287K). Sumber : https://learnmetrics.com

Koefisien kinerja (K atau COP) adalah angka yang menggambarkan efektivitas heatpump water heater, lemari es atau AC.

C. Koefisien Kinerja Berbeda Untuk Sistem Heatpump dan AC

Untuk heatpump water heater (sistem pemanas), koefisien kinerja adalah rasio energi yang dikirim ke reservoir panas dengan input kerja. Dengan demikian, ini disebut koefisien pemanasan kinerja.

Dengan demikian, ini disebut koefisien kinerja pendinginan. Ketika heatpump water heater dioperasikan secara terbalik, ia bertindak seperti lemari es.

Istilah rasio efisiensi energi (EER) dapat digunakan untuk menggambarkan koefisien pendinginan kinerja heatpump water heater yang beroperasi secara terbalik.

Koefisien kinerja untuk heatpump dan pendingin mirip dengan efisiensi thermal mesin panas.

D. Maximum Coefficient of Performance

Koefisien kinerja maksimum ini tergantung pada suhu reservoir panas dan dingin dari sistem.

Persamaan untuk koefisien kinerja Carnot berbeda untuk sistem pemanas (seperti heatpump water heater) versus sistem pendingin (seperti lemari es).

Koefisien kinerja (COP) adalah ekspresi dari efisiensi heatpump water heater.

Saat menghitung COP untuk heatpump water heater, keluaran kalor dari kondensor (Q) dibandingkan dengan daya yang disuplai ke kompresor (W).

COP = Q / W

COP didefinisikan sebagai hubungan antara daya (kW) yang dikeluarkan dari heat pump water heater sebagai pendingin atau panas, dan daya (kW) yang disuplai ke kompresor. Sumber : https://www.grundfos.com/

E. What is COP and EER?

Koefisien Kinerja (COP) dan Rasio Efisiensi Energi (EER) adalah ukuran efisiensi heat pump water heater atau solusi pemanasan dan pendinginan.

Mereka menunjukkan rasio pemanasan atau pendinginan yang berguna yang dihasilkan oleh unit terhadap energi yang dikonsumsinya.

Misalnya, COP heat pump water heater yang dapat memberikan panas 3kW terhadap input listrik 1kW adalah 3. EER yang menghasilkan efek pendinginan 12BTU terhadap input listrik 1kW adalah 12.

F. Dapatkah COP dan EER digunakan untuk menetapkan efisiensi energi keseluruhan

Secara sederhana, semakin tinggi COP atau EER, semakin hemat energi heat pump water heater.

Ini berguna sebagai penentu efisiensi yang relatif sederhana yang dihitung sebagai nilai tepat waktu pada kondisi tertentu.

Namun, seperti yang kita ketahui, efisiensi energi heatpump water heater dapat berubah berdasarkan banyak faktor, termasuk misalnya variasi suhu eksternal, seperti yang berasal dari musim.

Persyaratan beban untuk heat pump water heater juga berubah, terutama di daerah beriklim sedang seperti Inggris.

G. COP dan EER terkait Emisi Karbon

Ketika digunakan dengan Carbon Emissions Factor (CEF), COP dan EER dapat digunakan untuk menurunkan emisi karbon yang dihasilkan oleh heat pump water heater.

Saat diperkenalkan, SAP10 akan mengurangi CEF listrik lebih dari setengahnya, dari 0,519 CO2/kWh menjadi 0,233 CO2/kWh.

Ini berarti bahwa untuk mencapai pengurangan karbon yang diharapkan yang ditunjukkan oleh Standar Rumah Masa Depan, heat pump water heater kemungkinan akan menjadi teknologi standar.

Sumber: https://www.designingbuildings.co.uk/

H. Air Source Heatpump

Air source heatpumps (ASHP) menggunakan udara luar sebagai sumber panas untuk menyediakan panas bagi bangunan.

Mereka bekerja dengan menjalankan cairan pendingin suhu rendah, tekanan rendah dalam kumparan penukar panas melalui udara eksternal.

Cairan ‘menyerap’ panas dari udara dan mendidih, bahkan pada suhu di bawah 0°C (meskipun koefisien kinerja (COP) menurun dengan suhu yang lebih rendah).

Gas kemudian dikompresi, yang selanjutnya meningkatkan suhunya. Gas dilewatkan ke dalam kumparan penukar panas, di mana ia mengembun, melepaskan panas latennya. Proses kemudian berulang.

Heat pump water heater sumber udara dapat mengurangi konsumsi energi, tagihan bahan bakar, dan emisi karbon, terutama jika tidak ada pasokan gas utama, sehingga sistem pemanas alternatif akan mengonsumsi listrik, gas minyak cair (LPG), minyak, atau batu bara.

Penempatan adalah penting, karena unit dapat menghasilkan kebisingan, dan pasokan listrik diperlukan.

Sistem udara-ke-air paling efektif saat menyediakan air panas bersuhu lebih rendah, dalam jangka waktu yang lebih lama, daripada yang mungkin dipasok oleh boiler konvensional.

Sumber: https://www.designingbuildings.co.uk/

I. Ecoheat Heatpump Water Heater di Indonesia

PT Gramitra yang berkedudukan di Surabaya dan Denpasar-Bali adalah perusahaan di bidang penjualan dan pemasangan heatpump water heater merk Ecoheat dan AO Smith.

Kami sudah berpengalaman di bidang pemanas air dan sistem water heater sejak tahun 1997, baik untuk segmen rumah tinggal maupun komersial (villa, rumah sakit dan hotel) di Indonesia.

Perusahaan kami sudah banyak bekerja sama untuk menangani proyek-proyek besar untuk sistem air panas di seluruh Indonesia.

Selain itu kami juga melayani penjualan dan pemasangan produk :

  1. Tangki air panas atau hot water storage tank merk Ecoheat berbahan mild steel dan stainless steel dengan kapasitas 500 sampai 10000 liter.
  2. Heatpump Water heater type Domestik merk Ecoheat, dengan kapasitas tangki 200 sampai 300 liter.
  3. Domestik heatpump water heater merk AO Smith (USA), dengan kapasitas tangki 80 sampai 455 liter.
  4. Commersial heatpump water heater Air to Water 12 kW sampai 80 kW
  5. Pool and SPA heatpump 12 kW sampai 80 kW.

References

  1. ↑ Jump up to:1.0 1.1 1.2 Created internally by a member of the Energy Education team.
  2. ↑ Jump up to:2.0 2.1 2.2 2.3 R. D. Knight, “Heat Engines and Refrigerators” in Physics for Scientists and Engineers: A Strategic Approach, 3nd ed. San Francisco, U.S.A.: Pearson Addison-Wesley, 2008, ch.19, sec.2, pp. 532-533 and 544-545
  3. ↑ Jump up to:3.0 3.1 R Nave. “Heat Pump,” HyperPhysics. [Online]. Available: http://hyperphysics.phy-astr.gsu.edu/hbase/thermo/heatpump.html

Sumber : https://energyeducation.ca

Related Posts

Leave a Reply